Langsung ke konten utama

Kalimat Alm Anas Malik Tentang Pariaman Menjelang Ajal..

 Kekhawatiran kita kepada apa yang kita bayangkan acap membuat urung. ketakutan terhadap hasil buruk, ketakutan dicemooh, gagal dsb nya, berakhir dengan tidak jadinya kita memulai sesuatu. hal tersebut mustinya tidak perlu terjadi bila kita menanamkan prinsip gigih dan punya filosofi hidup yang kita pegang teguh dan bermuara kebada kebenaran.
Alm Kol Anas Malik, diawal kepemimpinannya sangat dibenci dan dihujat. masyarakat Pariaman yang tidak terbiasa dengan pola hidup bersih dan disiplin tinggi, tamparan, tergagau. disiplinnya Anas Malik untuk semua orang, baik Anak, Keponakan, sanak dan warga tanpa pandang bulu. Ilya Rosa Anas Malik, berujar,"dulu kami dapat giliran, ada yang tugasnya ngepel,menyiram bunga,menyapu halaman dsb, semua,, baik kakak dan adik, di Pendopo rumah dinas Bupati.. kami memperlakukan pembantu seperti keluarga,ia hanya melakukan tugas-tugas pokoknya, begitulah Papa mendidik kami.". 

salah tetap disalahkan dan tidak pernah bertoleransi. banyak cerita tentang Anas Malik dengan keponakannya yang mustinya saya tulis namun belum saya verifikasi kepada yang bersangkutan.

H,Zainir berujar, " dikala pagi alm bersepeda, lalu melihat orangtua menyapu halaman rumah dikala pagi, beliau berhenti, dikasih duit,lalu masuk kerumah tersebut dan melihat kenyataan ternyata anak muda masih tidur, Anas Malik langsung marah sambil berkata 'orangtua saja mau membersihkan pekarangan,kalian yang masih kuat dan muda masih enaknya tidur tidak kah kalian sholat Subuh?'  membangunkan seisi rumah." terapan demikian membuat masyarakat akhirnya berdisiplin kata Zainir (60th).

"Dulu betapa malunya ketika yang kedapatan buang hajat dipantai dibawa kepengadilan hanya menggunakan sarung, disidang dan didenda rp.5000" lanjut Zainir. terapan disiplin itu membuat masyarakat Pariaman dengan cepat berubah dalam berperilaku.

Alm Anas Malik selain dikenal tegas dan jujur juga berhati lembut,jernih . beliau tidak tega melihat orangtua renta yang bekerja , pedagang tua yang menjujung dagangannya semacam sayur, lompong sagu, goreng dll. " Mobil dinas, jenis Jip Hardtop , akan berhenti dimana hatinya tergerak, dulu ada seorang yang sudah sangat tua membangun pagar rumah, Anas malik langsung menemuinya,lama bercakap-cakap lalu memberikan uang rp.10.000, nilai itu dulunya sangat besar, dana taktisnya sebagai Bupati selalu ia habiskan untuk masyarakat." kata Artagnan dalam kesempatan yang sama dilapau Samping BPD Pariaman.

Puntung rokok yang berserakan, buang hajat dipasir pantai,sampah, jemuran dipekarangan rumah, hewan ternak yang tak dikandangkan semua adalah pantangan beliau, sehingga dikenal istilah sidang jemuran, sidang kambing, sidang tinja . " tidak peduli itu Kutang sekalipun , jika dijemur dihalaman pekarangan yang membuat buruk pemandangan, alm akan angkat dengan tangannya sendiri dan membawa yang menjemurnya kepengadilan,di denda, dan itu terjadi didepan mata kepala saya sendiri" ujar H Zainir kepada saya.

Ketika Alm Anas malik tak menjabat lagi, diawal th 90an, beliau pindah kerumah dinas TNI di Jatiwaringin, beliau dalam keadaan sakit. Faisal Arifin, keponakan kandung bertanya,menyesalkah Mak Tuan memimpin Pariaman? lalu dijawab " Maktuan sangat bahagia sekali, tidak akan ada pernah kata menyesal bila kita berbuat kebaikan, sangat bahagia sekali, bukan materi yang mak tuan cari . tak takut dihujat, serta tak mengharap pujian, semua maktuan lakukan dengan ikhlas karena Allah." ujar Faisal Arifin disela percakapan kami bersama tokoh masyarakat dan Indra J Piliang di Palanta Anih samping BPD tempo hari.

Saya berkesimpulan, melihat kekinian, masyarakat sangat bersyukur pernah dipimpin selama 2 periode oleh alm Anas Malik medio 1980-1990, mendoakan beliau. lalu bertanya ,apa yang diberikan oleh Kepala daerah kekinian? adakah mereka mendoakan Anas Malik diacara 10 november? adakah mereka meniru Integritasnya ?

saya mengutuk calon kepala daerah yang menyandingkan fotonya semasa kampanye dulu untuk menggaet simpati masyarakat, setelah menang tidak mencontoh Integritas Moral Alm Kol Anas Malik, yang tak menghargai jasa Pendahulunya, yang tak pernah menyempatkan diri sekedar berdoa dan menaburkan bunga dimakamnya, yang berkelakuan bertolak belakang dengan Almarhum. Anas Malik sangat Anti KKN, Bersih, jujur dan tidak pendendam, berhati halus dan punya sisi Humanis yang tinggi.

Seorang yang pernah kena Tampar Anas Malik dulu, berujar, "kalau tidak pernah ditampar Anas Malik dulu, saya tidak mungkin pernah jadi seperti sekarang ini, saya dinasehati dan nasehat itu hingga kini jadi prinsip hidup saya." ujar salah seorang Petinggi SKPD di Pariaman yang tidak mau disebutkan namanya sembari menceritakan betapa bobroknya Birokrasi sekarang di Kota dan Kab Pd Pariaman. apa yang ia ceritakan? nanti akan saya bongkar.

catatan Oyong Liza Piliang . foto-foto by Elvis Betrizon.


sumber: http://www.pariamantoday.com/2012/11/inilah-kalimat-alm-anas-malik-tentang.html

Komentar

Top Populer:

Sejarah awal datangnya islam di sumatera barat

TUANKU RAO dalam pandangan buya HAMKA.

' catatan mesjid tertua di sumatera barat"

Asal usul sejarah 'indang rang piaman".

Sejarah Pemikiran Islam Di Minangkabau, setelah kepergian syekh burhanudin.

Perjalanan Syekh Burhanuddin Ulakan.

"siapa tuanku nan renceh??"

"SEJARAH PARIAMAN"

Buku ‘Greget tuanku rao dan tuanku tambunsai yang kontroversi.